Telephone

02518220077

Faksimile

0251 8221672

email address

bbpkhcinagara@pertanian.go.id

image 09 June 2021

Widyaiswara BBPKH Cinagara Cetak SDM Kompeten di SMKPPN Sembawa Palembang

Dalam rangka mempercepat tersedianya tenaga kerja yang handal dibidang pertanian yang menjadi tuntutan di dunia kerja dan dunia usaha, Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian  Negeri (SMKPPN) Sembawa bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Kementerian Pertanian menyelenggarakan Sertifikasi Operator Farm Unggas Pedaging, Operator Kesehatan Unggas/Vaksinator  dan pembuatan selai nanas yang diselenggarakan dari tanggal 28 sampai 31 Mei 2021 di SMKPP Negeri Sembawa, Palembang, Sumatera Selatan. Tahun ini jumlah siswa dan alumni yang memenuhi persyaratan uji kompetensi mencapai 84 orang yang terdiri dari bidang kompetensi Operator Farm Unggas Pedaging sebanyak 22 orang, Operator Kesehatan Unggas/ Vaksinator sebanyak 20 orang dan pembuatan selai nanas sebanyak 42 orang.


  
Kegiatan sertifikasi ini diawali dengan Pra asesmen dengan mengisi form biodata calon peserta sertifikasi kompetensi, persyaratan  yang sudah ditentukan sesuai dengan prosedur baku dan kelengkapan fortofolio lainnya. Rapat awal dengan Tim Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMKPPN Sembawa dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari tim TUK dalam menyelenggarakan uji kompetensi untuk kompetensi Operator Farm Unggas, Operator Kesehatan Unggas/ Vaksinator dan pembuatan selai nanas.
  
Selanjutnya bila pra asesmen telah dilakukan, maka pengumpulan alat bukti dilakukan dengan berbagai metode yang ada, bisa melaui ceklis observasi verifikasi fortofolio, daftar pertanyaan baik lisan atau tulisan guna menggali potensi yang ada pada masing-masing peserta serifikasi. Selanjutnya dilakukan keputusan asesmen yang terdiri dari keputusan dan umpan balik asesmen, umpan balik dari asesi seingga berita acara dari masing-masing kegiatan asesmen yang dibuat sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan oleh masing-masing asesor. Akhir dari tahapan asesmen ini berupa laporan dan peninjauan asesmen yang telah dilakukan.

Pelaksanaan uji kompetensi di SMKPPN Sembawa, Palembang, Sumatera selatan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang disepakati oleh Tim TUK dan Tim LSP Pertanian Kementerian Pertanian serta tim asesor. Hal ini didukung oleh Tim TUK SMKPPN Sembawa yang sudah sering melaksanakan sertifikasi bidang kompetensi bidang Operator Farm Unggas, Operator Kesehatan Unggas/ Vaksinator dan pembuatan selai nanas.