Telephone

02518220077

Faksimile

0251 8221672

email address

bbpkhcinagara@pertanian.go.id

image 02 August 2021

BPPSDMP Tingkat Kemampuan SDM Di Kabupaten Tapanuli Utara

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan bahwa "pertanian menjadi jawaban dari aktivitas-aktivitas pemerintah yang secara kasat mata meningkatkan kesejahteraan rakyat. Senada dengan hal itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menegaskan bahwa "pertanian harus berjalanbahkan harus meningkat, sehingga kebutuhan pangan masyarakat dapat terjamin keberlangsungannya".

 

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan kegiatan ini akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian.

 

Sebagai implementasi dan tupoksi sebagai lembaga pelatihan, maka Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)- Cinagara Bogor sebagai unit pelaksana teknis (UPT) BPPSDMP Kementan menyelenggarakan pelatihan Pelatihan Teknis Bagi Non Aparatur Budiday Ternak Kerbau/ Itik 26 Juli 2021 Di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara,Pelatihan yang dilaksanakan di Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara dengan jumlah peserta 30 Orang dihadiri oleh para petani dan peternak di lokasi, Perwakilan Dinas Pertanian yaitu Kabid Dinas Pertanian Kab. Tapanuli Utara Douglas Butarbutar, S.Pt. (Senin, 26/07/2021).

 

Itik dan Kerbau adalah salah satu komoditas andalan di daerah Tapanuli utara, untuk di kosumsi sebagai bahan makanan. Terutama kerbau selain untuk dikosumsi kerbau menjadi salah satu simbol kegiatan upacara adat di daerah Tapanuli Utara. oleh karena itu pelatihan ini sangat penting dilaksanakan di wilayah Tapanuli Utara. 

 

Dikerenakan permintaan kerbau sangat tinggi Kementerian pertanian dan pemerintah daerah dinas Tapanuli utara mengadakan pelatihan Budi daya Itik dan Kerbau di Kab. Tapanuli Utara agar masyarakat dapat pengetahuan secara maksimal bagaimana menangangi ternak kerbau dan itik agar mencapai titik maksimal dalam merawat dan menangani hewan ternak kerbau dan itik kutip Douglas Butarbutar, S.Pt Tanaman pangan dinas kab. Tapanuli Utara.

 

Pelatihan ini Di buka oleh Kabid Dinas Pertanian Kab. Tapanuli Utara Douglas Butarbutar, S.Pt "Dikerenakan permintaan kerbau sangat tinggi Kementerian pertanian dan pemerintah daerah dinas Tapanuli utara mengadakan pelatihan Budi daya Itik dan Kerbau di Kab. Tapanuli Utara agar masyarakat dapat pengetahuan secara maksimal bagaimana menangangi ternak kerbau dan itik agar mencapai titik maksimal dalam merawat dan menangani hewan ternak kerbau dan itik. (Senin, 26/07/2021).

 

Acara berlangsung selama 3 hari dan di ikuti oleh para  peternak sekitar, harapan dengan diadakan pelatihan ini adalah agar kedepannya para peternak di daertah tapanuli uatara ini dapat mandiri dan bisa menjadi contoh untuk daerah lain. (Tapanuli Utara 26 - 28 Juli 2021).

 

BBPKH Cinagara Berharap para Peternak mampu mengimplementasikan hasil yang diperoleh selama pelatihan pada wilayah kerjanya sehingga akan berdampak terhadap kemajuan peternakan di kabupaten Tapanuli Utara.(Senin, 26/07/2021)