Telephone

02518220077

Faksimile

0251 8221672

email address

bbpkhcinagara@pertanian.go.id

image 09 June 2021

BPPSDMP KEMENTAN MEWUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN MELALUI PELATIHAN MANAJERIAL KOSTRATANI

Peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) merupakan unsur esensial dalam pencapaian program pembangunan pertanian. Sebagai bagian penting di level kecamatan, KOSTRATANI diarahkan sebagai ujung tombak dalam optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan informasi teknologi dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Pelatihan Manajerial Kostratani angkatan VI yang diselenggarakan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara di BPP Rancah Kabupaten Ciamis, telah dibuka  pada hari Senin, 1 Juni 2021 oleh Bapak Sutikno selaku Koordinator Fungsional Penyuluh di BPP Rancah. Sementara pelatihan diselenggarakan selama tiga hari, yaitu tgl 1 sampai 3 Juni 2021. Hadir pada kesempatan Bapak Adang Sayuti, SP selaku penyuluh pertanian  madya  dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis dan dari BBPKH Cinagara yaitu drh. Dwi Windiana, MSi (fungsional widyaiswara), Muhammad Bayu Aji (sub koordinator evaluasi) dan Andri Rachmanto, staf teknis penyelanggaraan pelatihan.


Penyelenggaraan pelatihan di BPP Rancah ini merupakan titik kumpul para penyuluh dari enam BPP Kabupaten Ciamis, yaitu BPP Rancah, BPP Tambaksari, BPP Cisaga, BPP Sukadana, BPP Rajadesa dan BPP Jatinagara.

Salah satu peserta pelatihan yaitu Bapak Yayan dari BPP Rancah, sangat senang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan selain materinya sangat dibutuhkan penyuluh yaitu menajamkan lima peran utama BPP sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan juga hasil pelatihan dapat secara konkrit berdampak pada kesejahteraan petani.