Telephone

02518220077

Faksimile

0251 8221672

email address

bbpkhcinagara@pertanian.go.id

image 01 July 2021

BBPKH Cinagara Selenggarakan Pelatihan Pengolahan pakan ternak Ruminansia bagi Petani di Kabupaten Tasikmalaya

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan bahwa peningkatan kualitas SDM pertanian menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. “Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujar Mentan Syahrul.

 

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan kegiatan ini akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian.

 

Berdasarkan uraian tersebut maka Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tematk  bagi Petani di Desa Sukabakti Kecamatan Sodong Hilir Kabupaten Tasikmalaya dari tanggal 28 – 29 Juni 2021 dengan Tema  “Pengolahan Pakan  Ternak Ruminansia ”. Materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan  ini adalah Formulasi pakan ruminansia membuat pakan silage, membuat pakan konsentrat, dan tenik pembeian pakan untuk ternak ruminsia. 

 

Bertempat di Aula Kantor Desa Sukabakti Kecamatan Sodong Hilir  KabupatenTasikmalaya , acara dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Bapak H.M Khoerudin Amin, SH, MH, Kepala Dinas Petanian, Danramil, Camat Sodong Hilir, Kepala Desa Sukabakti dan Tim dari BBPKH Cinagara Bogor.  

 

Dalam sambutannya, Bapak H.M Khoerudin Amin, SH, MH selaku  Anggota Komisi IV DPR RI  yang sekaligus membuka acara Bimtek ini juga memaparkan berbagai potensi  pertanian dan peternakan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya termasuk potensi Desa Sukabakti dalam komoditas tanaman kopi serta pentingnya kegiatan pelatihan ini. Kegiatan pelatihan  menjadi inovasi masa kini dan masa yang akan datang serta dapat meningkatkan kualitas SDM bagi petani yang saling bersinergi agar tercapainya pembangunan  pertanian yang Maju , Mandiri dan Modern .

 

Hasil kegiatan  pelatihan diharapkan dapat meningkatan kompetensi baik pengetahuan dan keterampilan  serta menumbuhkan semangat petani  dalam memanfaatkan potensi bahan pakan untuk ternak .    Dalam  arahannya, Bapak Apandi, SP,M.Sc selaku Perwakilan dari TIM Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor menjelaskan program dari Kementerian Pertanian. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. 

 

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan-Cinagara sebagai balai pelatihan terus memberikan peran terbaik bagi masyarakat terutama dalam peningkatan sumber daya manusia pertanian dan peternakan dengan motto berlatih, berkarya dan bermanfaat.